Landasan Pengukur Kurikulum
Seperti
yang telah kita bahas bersama pada artikel sebelumnya mengenai pengembangan kurikulum, bahwa
pengembangan kurikulum memiliki tahapan yang mengikutinya. Salah satu tahapan
tersebut adalah tahap “Evaluasi”.
Dalam rangka mengevaluasi kurikulum tentunya juga diperlukan landasan atau
dasar pengukurnya, untuk pertimbangannya. Selain itu landasan pengukur juga
berfungsi sebagai strategi untuk mencapai tujuan. Fatal akibatnya jika landasan
ini diabaikan begiru saja. Bisa jadi
suatu kurikulum yang diterapkan tidak akan maksimal.
Landasan
pengembangan kurikulum terdiri dari beberapa aspek yaitu ; 1) Filosofis, 2)
Sosiologis, 3) Psikologis, 4) Yuridis. Landasan filosofis yaitu landasan yang
mengacu pada nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila sebagai dasar negara
kita. Nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila tersebut menjadi acuan
tercapainya aspek belajar, materi, evaluasi,dan pembelajaran. Landasan
Sosiologis mencakup mengenai nilai-nilai social yang ada pada masyarakat
sekitar. Landasan Psikologis mencakup aspek nilai asasi setiap anak mengenai
karakteristik, dan sebagainya. Sedangkan Landasan Yuridis yaitu landasan yang
berdasarkan konstitusional atau hukum yang dibuat oleh pemerintah.
Semua
landasan di atas dilaksanakan dengan berpegang teguh pada prinsip kurikulum
yang ada. Pertama yaitu Relevansi. Relevansi mencakup dua aspek secara langsung
yaitu secara eksternal (berpijak pada lulusan yang sesuai kebutuhan bidang di
masyarakat) dan internal (keterkaitan komponen dalam kurikulum). Kedua,
Fleksibilitas, yaitu sifat kurikulum dengan hanya satu kebijakan namun mampu
diimplementasikan dalam bentuk yang berbeda sesuai dengan daerahnya. Ketiga,
Efektivitas, suatu kurikulum harus mampu memenuhi kebutuhan setiap siswa.
Keempat, Kontinuitas, yaitu kurikulum harus bersifat berkelanjutan atau
berhubungan antar setiap isinya. Terakhir, Praktis, yang mencakup dua aspek
sekaligus yaitu kompatibel (cocok) dengan kondisi masyarakat dan tentunya mudah
untuk diimplemetasikan.
Komentar
Posting Komentar