Langsung ke konten utama

PENGEMBANGAN KURIKULUM

DESAIN KURIKULUM

Desain artinya rancangan atau susunan terhadap sesuatu yang hendak dibuat. Maka, Desain Kurikulum artinya adalah susunan yang membangun sebuah kurikulum. Desain berperan sebaga proses perencanaan pembuatan kurikulum. Seperti yang kita telah bahas sebelumnya, bahwa pembuatan kurikulum erat kaitannya dengan tujuan pendidikan suatu negara dan berpengaruh pada pemilihan metode belajar yang tepat. Desain kurikulum berperan agar kurikulum yang nantinya dibuat dapat memberi efek maksimal terhadap proses pembelajaran.
Desain kurikulum sendiri, memiliki klasifikasi tersendiri yang disesuaikan dengan tujuan pendidikan, antara lain

1.      Subject Matter
Desain subject matter bersumber dari pendidikan klasik (teacher centered). Tujuan yang ditekankan adalah peserta didik mampu menggunakan ide-ide yang telah ada sebelumnya. Peserta didik diharuskan mempelajari semua yang telah diwajibkan dalam suatu kurikulum. Contohnya adalah semua disiplin ilmu seperti Kimia, Fisika, Matematika, dan sebagainya. Oleh karena itu sistem pembelajaran yang dilakukan adalah ekspositorik dan inkuri (mendalami karakter seorang siswa).
2.      Kompetensi
Desain kompetensi yaitu penerapan kurikulum sesuai bidang garapan yang dipersyaratkan. Sistem yang digunakan adalah dengan pembagian elemen-elemen kompetensi (blok pembelajaran). Desain ini bersumber dari pendidikan teknologi. Tujuannya adalah untuk mengubah perilaku peserta didik yang teramati dan terstruktur, sehingga pembelajaran yang diterapkan adalah pembelajaran individual. Pola dari desain kompetensi ini adalah tersistematis berdasar kompetensi tertentu, dan pembelajaran individual.
3.      Humanistika
Desain humanistic berorientasi pada sifat atau sikap, yaitu dengan mengklarifikasi nilai dalam bentuk tindakan atau perilaku. Desain ini bersumber dari sistem pendidikan nilai dan personal serta bertujuan untuk mengembangkan sifat kepribadian yang manusiawi. Oleh karena itu sistem pembelajaran yang diterapkan adalah value clarificational (memberi teladan).
4.      Rekonstruksi Sosial
Desain rekonstruksi social berkembang didasari oleh kebutuhan social manusia. Tidak bisa dipungkiri bahwa disamping sebagai makhluk yang individu, manusia juga adalah makhluk social. Lahirnya desain rekonstruksi social dipengaruhi oleh problema axayang ada di masyarakat. Oleh karena itu desain ini bertujuan untuk mengembangkan sikap dan kemampuan untuk mengembangkan masyarakat secara demokratis. Ciri yang menonjol dari desain ini adalah peserta didik aktif  dalam belajar sesuai dengan masalah masyarakat disekitarnya dan menggunakan sistem pembelajaran interaksional.
Setelah memahami karakteristik setiap desain kurikulum diatas, pertanyaannya sekarang adalah “Bagaimana dengan penerapan desain kurikulum pada zaman sekarang atau abad 21 ? Apakah dengan menggunakan salah satu dari desain di atas ? Sejalan dengan perkembangan IPTEKS, desain kurikulum juga terus mengalami perkembangan. Sistem kurikulum yang ada di Indonesia sekarang menerapkan desain kurikulum yang berbasis Pendidikan Teknologi, namun dengan ciri yang saling berintegrasi satu dengan yang lain dan bersifat multicultural, yang artinya satu bentuk kurikulum tapi berbeda aplikasinya tergantung keadaan suatu daerah. Hal ini bertujuan untuk menunjang potensi setiap anak yang berbeda-beda, keunikan belajar setiap anak, kebutuhan pendidikan suatu daerah, keragaman etnis, dan ketrampilan (vocasional, futuristic, pendidikan untuk semua) yang hendak dikuasai.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

STANDARISASI EIA

STANDARISASI EIA DAN MAC ADDRESS 48 BI T        A.     EIA 568A dan EIA 568B             EIA merupakan sinonim atau kepanjangan dari Electronic Industries Alliance dan TIA merupakan sinonim atau kepanjangan dari Telecommunication Industry Association. Maksud dari arti EIA/TIA adalah merupakan standarisasi internasional stuktur kabel untuk telekomunikasi. Kabel yang paling sering kita temui adalah jenis UTP, SFTP.               Banyak yang menganggap EIA/TIA hanyalah standart untuk kabel jenis ethernet padahal EIA/TIA lebih global untuk telekomunikasi termasuk transfer voice suara (PABX).           1.       568B - 568A 568B merupakan urutan urutan kabel twisted pair, dalam hal ini kabel UTP atau SFTP.                          Urutan Kabel 568B Urutan Kabel 568A                                 putih-orange Hijau Putih orange Hijau putih-hijau Orange Putih biru Biru putih-biru

Arsy ALLAH

Memahami Arsy Allah   Ada sebuah pertanyaan mendasar. Apa yang mula-mula?. Jawabnya adalah Allah. Lantas siapa yang menciptakan alam semsesta beserta isinya?. Jawabnya adalah Allah. Lantas dari apa semua itu diciptakan?. Pasti kita akan menjawab dari Allah. Nah dari paham inilah ada beberapa manusia yang berpaham bahwa jiwa manusia itu bagian kecil dari jiwa Allah. Dan jiwa manusia setelah mati akan kembali berkumpul lagi dalam jiwa Allah. Apa benar?.   QS 112:4 “Tak ada yang setara dan serupa dengan Allah” Ayat diatas menegaskan bahwa tak ada yang setara atau serupa dengan Allah meski sekecil atom. Jadi kita bukanlah bagian dari Tuhan. Lalu kalau begitu dari apa alam semesta dan seluruh isinya diciptakan?. Jawabnya dari Firman. Lantas apa Firman itu?. Jujur mungkin hanya Allah yang tahu substansi Firman itu apa. Firman bisa dipahami sebagai yang menghubungkan Allah dengan ciptaan-NYA. YANG SATU (THE ONE AND ONLY) = ALLAH YANG DUA (SEBAB & AKIBAT) = FIRMAN (

Definisi Kurikulum

  A.     Pengertian Kurikulum Kurikulum sebagai rancangan pendidikan mempunyai kedudukan yang sangat strategis dalam seluruh aspek kegiatan pendidikan. Mengingat pentingnya peranan kurikulum di dalam pendidikan dan dalam perkembangan kehidupan manusia, maka dalam penyusunan kurikulum tidak bisa dilakukan tanpa memahami konsep dasar dari kurikulum. Setiap orang, kelompok masyarakat, atau bahkan ahli pendidikan dapat mempunyai penafsiran yang berbeda tentang pengertian kurikulum. Berdasarkan studi yang telah dilakukan oleh banyak ahli, dapat disimpulkan bahwa pengertian kurikulum dapat ditinjau dari dua sisi yang berbeda, yakni menurut pandangan lama dan pandangan baru (Oemar Hamalik, 2007). Selain pengertian diatas berikut juga ada pengertian mengenai kurikulum.       1.       Pengertian Kurikulum Berdasarkan Etimologis Secara etimologis istilah kurikulum yang dalam bahasa Inggris ditulis “curriculum” berasal dari bahasa Yunani yaitu “curir” yang berarti “pelari”, dan “c